Pohon langka LIAN purba di Lombok Timur, fakta & keunikannya

pohon lian purba lombok
Pohon langka "Lian" purba di Lombok Timur


pohon lian purba lombok
Pohon langka "Lian" purba di Lombok Timur


Pohon "Lian" purba adalah sebutan yang digunakan oleh masyarakat, khususnya Lombok Timur. Terletak di Dusun Permatan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya. Berjarak sekitar 75 km dari kota Mataram kearah Timur dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan darat.

Pohon-pohon ini tumbuh dekat pesisir pantai. Dan dapat dijumpai dipinggir jalan raya maupun di lahan-lahan milik penduduk. Mempunyai akar yang panjang, ketinggian pohon dapat mencapai 40 - 50m,  dan lingkar bawahnya seukuran pelukan 3 - 4 orang dewasa, bahkan bisa lebih.

Keberadaan pohon-pohon ini pun menjadi daya tarik tersendiri. Unik, karena hanya tumbuh di areal sekitar 40 hektar dengan jumlah sekitar 40 pohon (baik yang masih hidup atau sudah tumbang dimakan usia). Namun sayang, beberapa diantaranya tidak luput dari sasaran VANDALISME.

Penasaran kan...? Kok bisa ada & tumbuh disitu doang?

Menurut kesaksian masyarakat sekitar (berdasarkan cerita turun-temurun dari nenek moyang mereka), pohon-pohon ini sudah ada di jaman penjajahan Belanda, atau sekitar 3,5 abad yang lalu. Bahkan menurut pemilik lahan:

asal kata pohon LIAN ini diambil dari kata NETHERLAND yang dipenggal suku kata terakhirnya, yaitu LAND menjadi LIAN. 

Pemilik lahan juga berpendapat bahwa pohon ini berasal dari penanaman oleh Belanda. Tapi pendapat lain (dari sisi ilmiah) mengatakan bahwa keberadaan pohon ini dapat secara alami yang bibitnya secara tidak sengaja dibawa oleh burung, atau dapat dibawa oleh ombak/tsunami dari daerah lain.

Selain itu, juga terdapat cerita lainnya yang dihubungkan dengan mistik oleh masyarakat sekitar. Simak wawancara dengan pemilik lahan pada video berikut:




Setelah dilakukan penelusuran, sehubungan dengan keberadaan pohon ini ditemukan fakta-fakta sebagai berikut:
  1. Nama latin dari pohon ini adalah Ficus Albipila. Menurut situs portal.cybertaxonomy.org termasuk Flora Melanesia yang sebarannya terutama di daerah tropis kepulauan Indonesia, Filipina, Papua Nugini sampai Utara Timur Australia. 
  2. Pohon ini tidak hanya tumbuh di Pulau Lombok, tapi juga ada beberapa di daerah lain (spesies Ficus Albipila King juga menjadi salah satu koleksi di Kebun Raya Bogor, yang dikenal dalam mitos yang beredar sebagai "Sang Wanita" dari pohon jodoh yang ada disana)
  3. Pohon ini dapat dibudidayakan. Dilakukan oleh salah satu anggota TNI yang bertugas disana bersama anggota Resort Pengelolaan Hutan Pringgabaya
  4. Sekitar tahun 1970-an lokasi tumbuhnya pohon ini sempat dijadikan tempat untuk budidaya tanaman kapas, tapi kemudian dialih-fungsikan menjadi lahan pertanian dan diserahkan kepada perorangan pada tahun 1980an.
  5. Lokasi tumbuhnya pohon ini menjadi objek wisata yang dikelola secara swadaya oleh pemilik lahan, yang aktif sekarang ini di lahan seluas 1,5 hektar milik salah seorang warga. 

Diluar fakta-fakta diatas, kami (penulis artikel ini) menilai bahwa keberadaan pohon ini tetap menjadi & mempunyai keunikan tersendiri, yang harus dijaga (kelestariannya) oleh masyarakat dan pemerintah. Keunikan yang dimiliki ini juga dapat menjadi modal pengembangan pariwisata yang cukup menarik kedepannya. Apalagi lokasi tumbuhnya pohon ini terletak dipinggir jalan raya, dekat dengan pantai dan dekat dengan pelabuhan penyeberangan Lombok - Sumbawa. Untuk itu pengelolaannya perlu dioptimalkan, keterlibatan pemerintah juga sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini. Oke lah, hehee

Bagi yang penasaran, silahkan berkunjung kesana ya...rasakan kesan berada di dunia lain 😇 seperti didalam kisah-kisah fiksi jaman purba atau seperti didalam film Lord of the Ring...

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Dari segi narasi dan judul memang bagus tapi saya melihat nya ada sedikit clickbait karena dalam teks blog tidak ada penjelesan menggunakan tulisan hanya dari penejasan video
    Mohon maaf setidaknya ada sedikit penjelasan di narasi dan penguatan melalui video
    🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukan dan saran yang sangat berharga 🙏🙏🙏. Kesempatan berikutnya akan kami sempurnalan 😊

      Hapus

Silahkan berkomentar yang tidak mengandung spam, ujaran kebencian, pornografi & SARA.

Jangan lupa centang "Beri tahu saya" di desktop Anda untuk mendapat pemberitahuan mengenai komentar balasan